Selasa, 08 April 2014

CARA MENGADUK DAN MENGOCOK ADONAN



Kocok lepas telur bisa menggunakan whisk (sxc.hu)
Mengocok
Yang dikocok itu biasanya telur, bisa telur utuh, kuning telur saja atau putih telur saja. Telur biasanya dikocok bersama gula, garam, atau bahan lainnya sesuai resep.
Mengocok telur harus menggunakan mixer, apalagi kalau diresepnya ditulis kocok sampai kental dan mengembang. Wah susah itu kalau tidak pakai mixer, hehehe.
Ada juga namanya kocok lepas telur. Itu artinya telur hanya dikocok pakai whisk atau garpu saja sudah cukup. Sampai kuning telur dan putih telur tercampur rata. Tidak perlu sampai kental dan mengembang.

Mengaduk
Di resep, biasanya tertulis jelas instruksi untuk mengaduk, atau aduk rata. Mengaduk itu menggunakan spatula atau sendok besar. Ada yang mengaduk dengan tetap menggunakan mixer putaran rendah. Tapi dengan cara ini ada kemungkinan hasil kue akan jadi bantat. Kecuali kalau ingin membuat brownies atau kue-kue yang memang bertekstur bantat.
Teknik Aduk Balik
Dalam pengadukan, ada yang disebut dengan aduk balik. Berikut penjelasannya :
Aduk-balik atau aduk-lipat (folding, to fold) adalah suatu teknik mengaduk adonan, terutama untuk mencampurkan antara adonan yang ringan dan penuh udara dengan adonan yang lebih padat dan kental. Contohnya, adonan putih telur yang sudah kaku dicampurkan ke adonan terigu-kuning telur-minyak dalam pembuatan chiffon cake.
Caranya, spatula dijalankan dari atas, memotong kedua macam adonan hingga menyentuh dasar mangkuk, kemudian menyusuri dasar mangkuk ke arah belakang, kembali ke atas sambil adonan dibalik atau ‘dilipat’ ke depan. Gerakannya seperti membalik/melipat adonan. Teknik pengadukan ini membuat udara dalam adonan yang ringan tidak keluar lagi meskipun diaduk rata. 

Dan ini adalah video cara mengaduk balik atau cara mengaduk adonan tepung ke dalam adonan telur yang sudah dikocok. Mudah-mudahan jadi lebih jelas ya daripada hanya diceritakan dengan kalimat ... 
( Sumber : http://www.cakefever.com )

2 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya. makanan sehat memang sangat penting, selain itu perhatikan juga apa cara memasak Anda sudah sehat?

    Oxone Air Fryer

    BalasHapus
  2. Thanks atas tips nya, kunjungi Fomac Indonesia yah !!!

    BalasHapus