Minggu, 07 Oktober 2012

" RED VELVET CUP CAKE "


Red Velvet Cupcake

Resep ini saya tweak dari resepnya divas can cook (divascancook.com), tapi saya buat cupcake. Frosting-nya pakai creamcheese frosting favorit saya. Yum yum.



Red Velvet Cupcake

250 gr all-purpose flour (contoh: Segitiga biru)
8 gr baking soda
5 gr garam
15 gr bubuk coklat
300 gr gula
160 g vegetable oil (saya pakai Hazelnut oil, karena sehat dan rasaya super yummy)
80 g mentega tawar
2 butir telur (keluarkan dari kulkas beberapa jam sebelumnya)
240 mL buttermilk
2 sendok teh ekstrak vanila
Pewarna merah atau pink tua
1 sendok teh white distilled vinegar/ cuka putih
120 mL kopi

Membuatnya:
1- Panaskan oven di 325 F atau 165 C.

2- Campurkan semua bahan padat: tepung, baking soda, garam, bubuk coklat, dan gula di wadah besar

3- Kocok mentega, telur, dan buttermilk. Tambahkan vegetable oil perlahan-lahan.

4- Tambahkan campuran bahan padat perlahan-lahan. Terakhir, masukkan ekstrak vanila, cuka, dan pewarna. Mengocok adonan tidak perlu terlalu lama, cukup 2-5 menit.

5- Tuangkan dalam cetakan cupcake. Jangan terlalu penuh ya, cukup 3/4 nya saja.

6- Bake selama 20-30 menit, test dengan tusuk gigi untuk memastikan bagian tengah sudah matang tapi juga jangan terlalu kering.

7- Dinginkan cupcake sebelum dihias dengan creamcheese frosting.

 
Tips:
- Kalau sulit menemukan buttermilk, bisa membuat "quick buttermilk" dengan cara mencampur 240 mL susu fullcream hangat dan 5 mL white distilled vinegar/ cuka putih. Diamkan 5 menit dan siap dipakai.
- Saya sudah mencoba membuat cake dengan vegetable oil, tapi hasilnya terlalu berminyak. Ternyata yang paling pas dengan menggunakan campuran vegetable oil dan mentega. Sebenarnya semua vegetable oil bisa dipakai (misal palm oil, canola oil), tapi untuk rasa saya menyarankan hazelnut oil, coconut oil, atau almond oil.
- Cake ini secara alami sudah bewarna coklat, jadi sebaiknya menggunakan pewarna pink supaya warna merahnya keluar. Pewarna yang saya sarankan merk Americolor Deep Pink. Tapi pewarna lain juga nggak apa-apa sih, coba aja.


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar